HOME

PC IAI Poso Rayakan World Pharmacist Day dengan Edukasi untuk Remaja Desa Sulewana

Ayisti WPD kabupaten poso ayisti pakinde scaled

POSO, IAINews – Rayakan World Pharmacist Day 2024, apoteker PC IAI Poso menyatakan komitmen dan kesiapannya untuk berkolaborasi guna meningkatkan kesehatan masyarakat secara global.

Sejumlah kegiatan dilaksanakan oleh Ikatan Apoteker Indonesia, dalam rangkat memperingati Hari Apoteker Sedunia (World Pharmacist Day0 yaang jatuh setiap 25 September.

Berbagai kegiatan dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai peran penting Apoteker dalam sistem kesehatan.

Tema tahun ini, ‘Apoteker Memenuhi Kebutuhan Kesehatan Global’, menunjukan peran penting apoteker dalam menjawab tantangan kesehatan diseluruh dunia.

Diantaranya seperti pengelolaan obat, edukasi kesehatan dan kontribusi dalam sistem kesehatan yang lebih luas.

Ini juga mencerminkan komitmen apoteker untuk berkolaborasi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat secara global.

Kegiatan ini berlangsung diberbagai kota termasuk Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Poso Sulawesi Tengah.

PC IAI Posos mengadakan kegiatan di desa Sulewana, kecamatan Pamona Utara.

‘’Sasaran kegiatan tersebut adalah remaja yang ada di desa sulewana,’’ ungkap apt Ayisti Pakinde, S.Farm, Ketua PC IAI Poso.

Kegiatan diawali dengan rapat panitia oleh pengurus cabang ikatan Apoteker Indonesia kabupaten poso, kemudian menyurat kepada Camat Pamona Utara sekaligus permohonan izin untuk melaksanakan kegiatan.

‘’Saat berkomunikasi tersebut, Camat Pamona Utara menyambut antusias dan memberi dukungan untuk kegiatan ini,’’ tutur apt Ayisti Pakinde.

Kegiatan berupa edukasi ini lebih diutamakan untuk para remaja, karena mereka mengalami fase perkembangan yang kritis, di mana mereka membentuk identitas, nilai, dan keterampilan sosial.

Selama periode ini, remaja juga lebih rentan terhadap pengaruh negatif seperti tekanan teman sebaya, risiko penyalahgunaan obat, dan masalah kesehatan mental.

‘’Edukasi yang tepat dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan coping, pengambilan keputusan yang baik, dan pemahaman tentang kesehatan serta hubungan yang sehat,’’ ungkap apt Ayisti Pakinde.

Kegiatan Ikatan Apoteker Indonesia kabupaten Poso dilaksanakan pada Rabu, 25 September 2024, di baruga desa Sulewana, dimulai pukul 15.00 Wita sampai dengan selesai,

Kegiatan yang dilaksanakan yaitu edukasi hidup sehat tanpa narkoba, kosmetik yang aman bagi remaja dan manfaat tanaman herbal.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Desa Sulewana. Pemateri dalam kegiatan ini apt Ayisti Pakinde selaku KetuaPC IAI Poso.

Apt Ayisti Pakinde  memberikan materi edukasi mengenai manfaat obat herbal.

Exit mobile version