HOME
IYPG  

President Elect IYPG Terpilih, Ajak Apoteker Muda Berinovasi dan Kolaborasi

apt Muhammad Erick Mutaqin S.Farm
apt Muhammad Erick Mutaqin, S.Farm, memberi sambutan usai pelaksanaan president elect IYPG 2024 - 2026

BALI, IAINews – President elect IYPG akhirnya terpilih, setelah melalui persaingan sengit dalam Musyawarah Nasional Indonesian Young Pharmacist Group (IYPG) yang dilaksanakan di Bali, 09 Agustus 2024.

Persaingan sengit itu menemui akhirnya setelah apt. Muhammad Erick Mutaqin, S. Farm, mendapatkan suara terbanyak dan dinyatakan sebagai elected president IYPG 2026-2028.

IYPG adalah merupakan bagian dari organisasi Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) yang mewadahi para apoteker muda dibawah 35 tahun di Indonesia.

Organisasi ini bertujuan untuk saling menjalin komunikasi bagi apoteker muda dalam menuangkan ide dan kreatifitas dengan cara-cara unik dalam rangka pengembangan kompetensi dan meningkatkan eksistensi Apoteker.

Apt. Erick Mutaqin yang sebelumnya adalah staf bidang organisasi Pengurus Pusat (PP) IYPG ini, berhasil meraih suara terbanyak dalam pemilihan diikuti oleh apt. Gifari.

Proses demokrasi pemilihan president elect ini dilaksanakan melalui rangkaian yang cukup panjang.

Dimulai dengan tahapan pendaftaran calon yang memenuhi kriteria, kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi, penetapan hasil screening dan nomor urut calon president elect IYPG 2026-2028.

Selain itu, panitia pemilu nasional memfasilitasi debat calon president elect IYPG pada tanggal 14 Juli dan 28 Juli 2024.

Debat calon president elect IYPG ini diikuti oleh 3 kandidat, selain apt Muhammad Erick Mutaqin dua calon lain adalah apt Ardyansah Suwarno Putra, S.Farm, anggota PD IYPG Jawa Timur serta, apt Moh. Al Gifari Anwar, S.Farm, Ketua PD IYPG Sulawesi Tengah dan anggota PC IAI Palu.

Pada debat ini, masing-masing calon diberikan waktu yang sama untuk menyampaikan visi dan misi mereka dalam forum terbuka.

Kemudian setiap calon diberikan waktu untuk memaparkan argumen yang mendukung ataupun menolak mosi yang diperdebatkan.

Selanjutnya terdapat sesi tanya-jawab dari masing-masing calon secara bergantian untuk menguji kekuatan argumen dan menemukan kelemahan.

Selama masa kampanye, setiap calon president elect IYPG melakukan berbagai aktivitas untuk menarik simpati dan dukungan apoteker muda.

Dengan mengusung visi ‘to be an instrument for the sustainable development of young pharmacist’, apt. Erick Mutaqin berjanji akan menciptakan lingkungan organisasi yang inklusif dan berorintesi pada karya.

Ia juga akan mendukung pengembangan kompetensi apoteker muda yang professional dan berkelanjutan serta memperluas jaringan dan memperkuat kolaborasi.

Apt. Erick Mutaqin yang memulai kontribusinya terhadap IYPG dengan menjadi pengurus IYPG Lampung tahun 2021-2023 ini, berharap dapat meningkatkan peran apoteker muda dalam perkembangan dunia kesehatan.

Exit mobile version