HOME

Siapkan Diri Mengikuti OSCE, Ini Jadwalnya

OSCE akan dilakukan secara daring, sehingga peserta dapat mengikuti ujian dari rumah masing-masing.

WhatsApp Image 2023 03 28 at 11.34.15
OSCE IAI 19-21 Mei 2023_pict1

Ikatan Apoteker Indonesia akan mengadakan kegiatan Objective Structured Clinical Examination (OSCE) pada tanggal 19-21 Mei 2023. OSCE ini akan dilakukan secara daring dengan batas akhir pendaftaran peserta pada tanggal 12 Mei 2023.

OSCE adalah metode penilaian keterampilan dan pengetahuan klinis yang terstruktur dan obyektif. Metode ini biasanya digunakan untuk menilai keterampilan praktik kefarmasian pada para apoteker. OSCE akan dilakukan secara daring, sehingga peserta dapat mengikuti ujian dari rumah masing-masing.

Kegiatan ini terbuka untuk sejawat apoteker yang lulus sebelum tahun 2011 dan belum pernah memiliki sertifikat kompetensi, sejawat apoteker yang memiliki sertifikat kompetensi tetapi tidak melaksanakan praktik kefarmasian selama memiliki sertifikat kompetensi terakhir, dan sejawat apoteker yang telah teraktivasi dan terheregistrasi pada akun SIAp.

OSCE IAI 19-21 Mei 2023_pict2

Pendaftaran peserta dilakukan melalui program SIAp di website www.apoteker.or.id. Biaya pendaftaran sebesar Rp 2.000.000,- dan harus ditransfer ke rekening PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Bank BNI KK Tomang Raya, nomor rekening 0902637081 atas nama Ikatan Apoteker Indonesia. Pembayaran dilakukan setelah melakukan pendaftaran via SIAp.

Peserta harus melengkapi dokumen untuk pendaftaran, seperti dokumen scan ijazah apoteker, dokumen scan KTP, dokumen scan surat pengantar mengikuti OSCE dari PD IAI setempat, dokumen scan sertifikat kompetensi terakhir yang dimiliki, dokumen scan STRA terakhir yang dimiliki, dan dokumen scan kartu tanda anggota/nomor anggota.

Perlengkapan peserta yang harus disiapkan pada saat pelaksanaan ujian meliputi notebook (laptop) dengan spesifikasi minimal prosesor Intel Core i3 atau setara, RAM minimal 4 GB yang memiliki web camera, wifi yang memadai, dan web browser Google Chrome pada laptop untuk ujian melalui aplikasi Schoology. Peserta juga harus menyediakan handphone yang sudah terinstall aplikasi Zoom versi 5.0 untuk pengawasan ujian.

OSCE akan diselenggarakan apabila jumlah peserta minimal mencapai 100 peserta dan kuota maksimal peserta adalah 400 peserta. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait SIAp, dapat menghubungi narahubung SIAp di nomor 0857-9434-4625. Sedangkan jika Anda memiliki pertanyaan terkait aplikasi Schoology, dapat menghubungi narahubung Schoology di nomor 0821-4040-0303.

Dalam OSCE, peserta akan diuji melalui beberapa stasiun ujian dengan durasi waktu yang telah ditentukan. Setiap stasiun ujian akan memeriksa kemampuan peserta dalam berbagai keterampilan dan pengetahuan klinis. OSCE merupakan metode penilaian yang terstruktur dan obyektif sehingga hasil penilaian dapat diandalkan dan akurat.

Exit mobile version