Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Sinergi Program “BPOM Goes to Community” dengan “Kampung ASK ME Dagusibu”

BPOM IAI
FGD BPOM dengan PP IAI dalam rangka sinergi BPOM Goes to Community dengan Kampung ASK ME Dagusibu
banner 120x600
banner 468x60

BPOM IAI 3

Pada kesempatan itu Noffendri mengungkapkan program pemberdayaan masyarakat yang telah mulai digaungkan sejak tahun 2015 lalu melalui Gerakan Keluarga Sadar Obat (GKSO) dengan tagline Dagusibu (Dapatkan, Gunakan, Simpan dan Buang obat secara baik dan benar).

Iklan ×

Implementasinya kemudian dibentuk  Kampung ASK ME Dagusibu (Apoteker Sahabat Keluarga Meyalani Edukasi Dapatkan Gunakan Simpan Buang) pada tahun 2023, bertepatan dengan HUT IAI ke-68.

Hingga tahun 2024, sudah ada sekitar 65 kampung binaan yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia.

Dari jumlah tersebut 30 kampung berada di Jawa, 18 kampung di Sumatera, 6 di Sulawesi, 7 di Kalimantan dan masing-masing 1 kampung di Papua, Bali, NTT dan NTB.

BPOM IAI 4

Kegiatan ini melibatkan 650 orang apoteker sebagai pengelola kegiatan dan 5.210 masyarakat.

Baca Juga  Rektor Sufirman Resmikan Apoteker Pendamping Proses Produk Halal (PPH) Kolaborasi PD IAI Sulsel dan Halal Center-UMI

Dengan adanya kesamaan visi untuk menciptakan dampak besar dalam penggunaan obat di Indonesia, BPOM bersama IAI akan membentuk penyuluh sebanyak satu orang dan kader sebanyak dua orang dari perwakilan kampung binaan IAI yang telah terbentuk.

Sebagai tahap awal, dalam kegiatan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) dan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) IAI 2024 yang diadakan di Mataram pada bulan Agustus mendatang, akan dilakukan Bimbingan Teknis Pembentukan Penyuluh dan Kader perwakilan IAI yang akan melakukan KIE kepada masyarakat.

Dengan adanya program ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang penggunaan obat, suplemen makanan, dan kosmetik yang aman dan efektif.***

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *