HOME

Tidak Semua Ketergantungan Obat Berbahaya

2108.q705.020.S.m005.c10.healthcare medications

SETIAP mendengar kata ketergantungan obat, benak kita sudah membayangkan perilaku seseorang yang mengkonsumsi obat dengan tidak tepat dan tidak bisa hidup tanpa keberadaan obat tersebut.

Masyarakat di Indonesia menggunakan kata ketergantungan atau kecanduan obat untuk berbagai kondisi, mulai dari ketergantungan obat narkotika dan obat berbahaya lainnya sampai ketergantungan obat yang digunakan dalam penyakit kronis seperti antidiabetes, antihipertensi, atau obat kejiwaan.

Namun, benarkah ketergantungan obat itu berbahaya sepenuhnya? Mari kita bedah lebih lanjut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (daring), ketergantungan diartikan sebagai keinginan mengonsumsi zat adiktif secara terus menerus dengan takaran meningkat yang bertujuan untuk menghasilkan efek yang sama.

Sementara kecanduan diartikan sebagai ketagihan akan sesuatu hingga menjadi ketergantungan (pada obat-obatan, minuman, dan sebagainya).

Dalam penggunaan bahasa sehari-hari, masyarakat di Indonesia menggunakan kata ketergantungan dan kecanduan secara bergantian saat membicarakan penggunaan obat terus menerus dalam jangka waktu panjang.

Meskipun biasanya kata kecanduan lebih sering digunakan untuk menjelaskan penggunaan obat narkotika dan obat berbahaya lainnya.

Kalau melihat arti dari kedua kata tersebut, tidak aneh apabila masyarakat kita memandang negatif terhadap penggunaan obat dalam jangka waktu panjang.

Karena ada kekhawatiran dosis yang digunakan meningkat atau tidak bisa lepas dari penggunaan obat sama sekali.

Namun, bila kita melihat dalam istilah Bahasa Inggris, ternyata terdapat perbedaan yang sangat besar untuk kedua jenis penggunaan obat jangka panjang ini.

Dalam Bahasa Inggris terdapat dua kata yang perlu kita perhatikan. Pertama adalah Dependency yang diartikan sebagai bergantung pada seseorang atau sesuatu.

Yang kedua adalah Addiction yang berarti suatu kondisi di mana seseorang tidak dapat berhenti menggunakan atau melakukan sesuatu yang berbahaya.

Kedua istilah ini digunakan juga dalam membahas tentang penggunaan obat.

Ketergantungan Fisik vs Kecanduan

Saat membicarakan tentang penggunaan obat, maka dua istilah yang tepat untuk digunakan adalah physical dependence (ketergantungan fisik) dan addiction (kecanduan).

Ketergantungan fisik tidak melibatkan aspek mental pada seseorang yang mengalaminya.

Yang terjadi adalah tubuhnya beradaptasi terhadap obat yang digunakan sehingga saat terjadi penghentian secara tiba-tiba, maka pasien akan merasakan efek negatif di tubuhnya.

Katakanlah pasien diabetes yang mendapatkan insulin sebagai terapi utamanya. Bila tiba-tiba, ia menghentikan pemberian insulin hariannya, maka tubuhnya akan bereaksi yang ditandai dengan kadar glukosa darah meningkat drastis.

Exit mobile version