Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Fakultas Farmasi Universitas Andalas Luluskan 3 Doktor Baru

doktor baru farmasi unand bersama promotor
Dari ki-ka : Promotor Prof Dachriyanus, , Dekan Fakultas Farmasi Unand Prof Fatma Sri Wahyudini,Dr apt Eka Siswanto SamsulMSc, Dr apt Irene Puspa Dewi, Dr Apt Dwi Lestari, MS.i, Wakil Dekan 2, Dr apt Salman dan kaprodi S3 Farmasi Prof Erizal Zalni
banner 120x600
banner 468x60

Irene berhasil mempublikasikan 4 jurnal internasional terindeks Scopus (Publish International Journal of Applied Pharmaceutics (scopus Q2), Publish Journal of Complementary and Integrative Medicine, Q2, Publish Journal of Ethnopharmacology, (Scopus Q1), Accepted International Journal of Applied Pharmaceutics (scopus Q2).

Promovenda Dwi Lestari, berkerja sebagai dosen pada Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT), dan sejak Juli 2023 menjabat sebagai Dekan FF UMKT.

Iklan ×

Dwi Lestari memulai pendidikan S3 nya di Unand pada tahun 2021. Pada sidang ini, Dwi mengangkat judul disertasi “Pengembangan Metode Analisis Secara Fisikokimia Dan Biologi Molekuler Untuk Deteksi Bakso Dan Sosis Sapi Yang Mengandung Daging Tikus (Rattus norvegicus) Untuk Autentikasi Halal.”.

Sidang dengan promotor Prof. apt. Dachriyanus, Ph.D dan Co-Promotor  Prof. apt. Abdul Rohman, M.Si, Ph.D  dari UGM dan Dr. apt. Syofyan, M.Farm.

Menurut Dwi Latar belakang dari dipilihnya topik tersebut karena munculnya beberapa berita dan kejadian baik yang terbukti benar ataupun hoax mengenai pemalsuan produk makanan berbahan dasar daging sapi yang sangat meresahkan masyarakat.

Oleh karena itu pemerintah membuat Undang-Undang Republik Indonesia No.33 tahun 2014, pasal 4 tentang Jaminan Produk Halal.

Perlindungan konsumen adalah hal penting yang harus diperhatikan. artinya bahwa semua produk dan barang gunaan yang beredar di Indonesia wajib bersertifikat halal.

Baca Juga  Rihlah Tandai Estafet Kepemimpinan PC IAI Samarinda

Metode analisis yang efektif, andal dan reproduktifitas tinggi sangat diperlukan untuk menganalisis daging tidak halal dalam produk makanan berbahan dasar daging untuk menjamin status kehalalan produk.

Pada penelitian ini telah dikembangkan beberapa metode analisis secara fisikokimia dan biologi molekuler untuk mendeteksi daging tikus yang terdapat dalam bakso dan sosis sapi.

Metode ekstraksi lemak pada penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu: metode Bligh Dyer, metode Folch dan metode Soxhlet.

Analisis keberadaan unsur daging tikus dalam bakso dan sosis sapi menggunakan kemometrika pattern recognition dengan menggunakan variabel respon dari hasil pengukuran spektra dari FTIR, spektra dari H NMR dan hasil dari GCMS serta desain primer yang spesifik untuk mengidentifikasi DNA daging tikus dalam bakso dan sosis sapi dengan menggunakan Real Time Polymerase Chain Reaction.

Semua metode analisis fisikokimia dan biologi molekuler ini cocok digunakan sebagai metode standar untuk analisis autentikasi halal, ujar Dwi

Dwi berhasil pempublikasikan hasil penelitian jurnal internasional bereputasi, yaitu:  Publish International Journal of Food Properties (Q1 terindeks Web of Science), Publish  International Journal Of Applied Pharmaceutics (Q2 Scopus), accepted Food Research (Q3 Scopus), dan accepted International Journal Of Applied Pharmaceutics (Q2 Scopus).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *