Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Hanya 2 Persen Peserta JKN Memanfaatkan Layanan Gigi

BKGN
Hamish Daud bersama anak-anak sekolah dasar saat perayaan Bulan Kesehatan Gigi Nasional
banner 120x600
banner 468x60

Sementara itu, drg Ratu Mirah Afifah, GCClinDent, MDSc, Head of Professional Marketing Personal Care Unilever Indonesia menekankan perlunya edukasi yang terus menerus, tentang pentingnya perawatan gigi rutin.

Ia bersyukur, kegiatan yang rutin dilakukan sejak tahun 2010 ini telah berkontribusi pada meningkatnya kesadaran masyarakat untuk memeriksakan gigi dan menyikat gigi di waktu yang tepat.

Iklan ×

Hal itu dilihat dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 dilaporkan 94,9 persen masyarakat tidak berkonsultasi ke dokter gigi selama 1 tahun.

Angka itu mengalami perbaikan di tahun 2023 dengan turun menjadi 91,2 persen masyarakat tidak memeriksakan diri ke dokter gigi.

Pencapaian lain adalah perawatan gigi dengan menyikat gigi setiap harinya. Di tahun 2018, Riskesdas mencatat, terdapat 2,8 persen masyarakat yang menyikat gigi dengan cara yang tepat, yaitu dua kali sehari setelah sarapan dan menjelang tidur malam.

Baca Juga  IAI MENOLAK RUU KESEHATAN OMNIBUSLAW YANG IZINKAN PENJUALAN OBAT DI LUAR FASILITAS KEFARMASIAN

Angka itu meningkat pada Riskesdar tahun 2023 yang mencatat sebanyak 6,2 persen masyarakat yang telah menyikap gigi dengan cara, frekuensi dan waktu yang tepat.

‘’Walau angkanya masih kecil, tapi setidaknya sudah ada peningkatan ya,’’ tukas Mellani Putria yang menjadi moderator di acara siang hari itu.

Hadir pada kesempatan itu Hamish Daud sebagai Brand Ambassador Pepsodent. Hamish Daud akan menyapa masyarakat pengguna AI Denta-Scan, sebuah layanan konsultasi gigi online sebagai upaya menyadarkan masyarakat akan pentingnya perawatan gigi.

‘’Beberapa waktu terakhir, masyarakat sudah sangat terbiasa dengan teknologi AI (Artificial Inteligence), kali ini teknologi AI digunakan untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan awal masalah gigi,’’ tutur Hamish Daud yang sangat bersemangat dengan adanya AI Denta-Scan ini.***

 

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *