Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

IAI Mengecam Serangan Israel di Gaza, Sebut Melanggar Hukum Internasional

Screenshot 20231121 110453
banner 120x600
banner 468x60

Jakarta, IAINews – Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) mengutuk tindakan Israel yang menyerang Gaza, menyebabkan kerusakan signifikan pada rumah sakit dan menghambat upaya tenaga medis menyelamatkan nyawa pasien.

Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Umum IAI, apt. Noffendri pada 17 November 2023 lalu.
IAI mengecam keras pelanggaran terhadap hukum internasional yang melibatkan serangan terhadap fasilitas kesehatan dan para tenaga medis.

Iklan ×

“Apa yang terjadi di Gaza Palestina adalah suatu tragedi kemanusiaan yang tidak dapat diabaikan. IAI mengecam segala bentuk kekerasan yang menimbulkan korban jiwa di wilayah Gaza Palestina,” ujar apt. Noffendri dengan tegas.

Pernyataan ini menegaskan kepedulian IAI terhadap situasi konflik yang terjadi di Timur Tengah, khususnya di wilayah Gaza yang telah menjadi pusat sorotan internasional.

Menurut apt. Noffendri, serangan terhadap rumah sakit dan tenaga medis merupakan pelanggaran serius terhadap hukum internasional dan hak asasi manusia.

“Rumah sakit dan para tenaga medis seharusnya dihormati dan dilindungi dalam setiap keadaan, sesuai dengan norma-norma internasional yang telah disepakati bersama. Serangan terhadap fasilitas kesehatan adalah suatu tindakan yang tidak dapat diterima,” tambahnya.

Dalam pernyataannya, IAI juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama berdoa agar kekerasan di Gaza segera berakhir.

“Mari kita doakan semoga kekerasan ini segera berakhir dan mari kita doakan semoga saudara-saudara kita yang ada di Gaza Palestina, terutama saudara-saudara kita yang menjadi tenaga kesehatan dan tenaga medis, senantiasa tabah dan tetap bisa menjalankan tugas menyelamatkan ribuan korban akibat kekerasan kemanusiaan yang terjadi di Gaza Palestina,” ungkap apt. Noffendri.

Pernyataan IAI juga menyoroti peran penting tenaga medis di tengah konflik, di mana mereka berjuang untuk memberikan pelayanan kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Kami menghormati dan mendukung para tenaga medis yang berada di garis depan, merawat korban kekerasan dan memberikan bantuan medis kepada mereka yang membutuhkan. Mereka adalah pahlawan kemanusiaan,” tandas apt. Noffendri.

IAI berharap agar komunitas internasional dapat bersatu dalam mengecam tindakan kekerasan yang merugikan warga sipil, khususnya di wilayah konflik seperti Gaza Palestina. “Kami mengajak semua pihak untuk bekerja sama dalam mencari solusi damai dan menghentikan segala bentuk kekerasan yang dapat merugikan kehidupan manusia,” tutup apt. Noffendri.

banner 325x300
Baca Juga  Agusdini Banun : Analisis Biomarker Wujudkan Personalized Medicine Menuju Kesembuhan Dengan Kurangi Efek Samping

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *