Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Implementasi Aspek SMKI ISO 27001 dalam Aplikasi SIAp IAI

Screenshot 20240207 191123
banner 120x600
banner 468x60

Ditulis oleh : apt. Agus Purnomo, MM 

SIAp (Sistem Informasi Apoteker) yang dikembangkan oleh Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) merupakan suatu aplikasi yang memegang peranan penting dalam pengelolaan informasi terkait pelayanan keanggotaan IAI.

Iklan ×

Dalam upaya menjaga keamanan dan integritas data, aplikasi ini mengintegrasikan Standar Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) ISO 27001.

1. Pengenalan SMKI ISO 27001:
Definisi SMKI ISO 27001: SMKI ISO 27001 adalah standar internasional yang mengatur sistem manajemen keamanan informasi untuk melindungi data dan informasi sensitif.

Standar ini memberikan panduan tentang pengelolaan risiko keamanan informasi dan peningkatan keamanan secara keseluruhan.

2. Tujuan Implementasi di SIAp IAI:
Perlindungan Data Sensitif: Implementasi SMKI ISO 27001 dalam SIAp bertujuan melindungi data sensitif, seperti informasi pribadi anggota, agar tidak jatuh ke tangan yang tidak berhak.

Peningkatan Keandalan Sistem: Standar ini membantu meningkatkan keandalan sistem, mencegah kebocoran informasi, dan memastikan ketersediaan layanan secara berkelanjutan.

3. Proses Implementasi:
Identifikasi Risiko: Tim keamanan informasi SIAp melakukan identifikasi risiko keamanan informasi yang mungkin terjadi dalam aplikasi, termasuk potensi kebocoran data atau ancaman keamanan lainnya.

Baca Juga  Berita Hoax Pembaruan STR Apoteker Dibantah Pihak Terkait

Pengembangan Kebijakan Keamanan: Pembuatan kebijakan keamanan yang sesuai dengan SMKI ISO 27001 untuk mengatasi risiko yang diidentifikasi.

4. Manfaat SMKI ISO 27001 dalam aplikasi SIAp IAI:
Kepercayaan Pengguna: Adopsi standar ini meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap keamanan aplikasi, terutama di lingkungan anggota IAI yang membutuhkan kehati-hatian ekstra terhadap data anggota.

Kepatuhan Hukum: Implementasi SMKI ISO 27001 membantu SIAp mematuhi peraturan dan hukum terkait privasi data dan keamanan informasi.

5. Langkah-langkah Monitoring dan Evaluasi:
Audit Keamanan Rutin: Melakukan audit keamanan secara rutin untuk memastikan bahwa kebijakan keamanan terus diperbarui dan efektif.

Pelatihan dan Kesadaran Pengguna: Melibatkan pelatihan dan peningkatan kesadaran pengguna terhadap praktik keamanan informasi.

6. Tantangan dan Solusi:
Integrasi dengan Sistem yang Ada: Tantangan dapat muncul saat mengintegrasikan SMKI ISO 27001 dengan sistem yang sudah ada. Solusinya adalah perencanaan integrasi yang cermat dan pemahaman mendalam terhadap kebutuhan SIAp.

Kesimpulan:
Dengan mengadopsi SMKI ISO 27001, SIAp IAI menjunjung tinggi keamanan informasi dalam pengelolaan data kefarmasian.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *