HOME

‘Parovia’ Inovasi Dosen Unila, Produk Teh Herbal Daun Pandan Wangi Aman Untuk Penderita Diabetes

PkM Selapan 1
Parovia, teh herbal daun pandan wangi inovasi dosen Universitas Lampung

LAMPUNG, IAINews – Teh herbal daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolus Roxb.) yang kaya antioksidan, memiliki banyak manfaat bagi penderita diabetes.

Presentasi mengenai teh herbal daun pandan wangi ini disampaikan Tim Dosen Pengabdi Universitas Lampung pada Sabtu, 13 Juli 2024 lalu.

Tim Dosen Pengabdi Universitas Lampung adalah kolaborasi Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Apt Zulpakor Oktoba, Ketua Tim Dosen Pengabdi Universitas Lampung saat menjelaskan manfaat teh herbal pandan wangi di depan masyarakat.

Mereka melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Dusun Sinar Sari Pekon Selapan, Kecamatan Pardasuka, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Kegiatan PKM merupakan wujud impelementasi tridarma perguruan tinggi yang melibatkan mitra pengabdian, dalam hal ini Kelompok Tani Jaya Lestari.

Tidak kurang 40 peserta hadir dalam kegiatan edukasi dan sosialisasi kali ini. Mereka terdiri dari Kelompok Tani serta Kelompok Wanita Tani (KWT). Hadir pula Ketua Kelompok Tani, Nasrudin.

Peningkatan kapasitas Kelompok Tani Jaya Lestari Pekon Selapan dilakukan dengan memberikan edukasi serta penyuluhan kepada anggota dan kadernya sebagai upaya pemanfaatan daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb. ) sebagai produk teh herbal.

‘’Penyuluhan mengenai the herbal daun pandan wangi yang kaya antioksidan dan bermanfaat untuk penderita diabetes merupakan tujuan utama dari giat PKM kali ini,’’ ungkap apt. Zulpakor Oktoba, S.Si., M.Farm sebagai Ketua Pengabdi dari Jurusan Farmasi Fakultas Kedokteran Unila.

Adapun tim dosen pengabdi PKM Skema unggulan Tahun 2024 lainnya yaitu apt Afriyani, M.Farm dari Jurusan Farmasi Fakultas Kedokteran, Amanda Putra Seta, S.SP., M.P dari Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian, dan Syaharani Noer Fathia, S.E., M.Ak dari Jurusan Akutansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung.

Tim dosen dibantu oleh tim mahasiswa Program Studi S1 Farmasi Tsania Zahra Taslima, Savira Rahmadanti, Nanda Apri Sani, Putri Adilla, Dina Novriana, Annisa Salshabila, Elza Desma Aulia, Nurrahmi Putri Zaidani, dan Hanif Hibatullah

Ketua Tim pengabdi, apt. Zulpakor Oktoba, S.Si., M.Farm yang juga Dosen Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran Unila mengatakan bahwa

‘’Daun Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb. ) memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh,’’ ungkap apt Zulpakor.

‘’Manfaatnya antara lain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stress, melindungi tubuh dari penyakit kronis, meredakan peradangan, melindungi dari kerusakan oksidatif yang menyebabkan penuaan dini dan masih lagi banyak manfaat lainnya,’’ tutur apt Zulpakor.

Exit mobile version