Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

PC IAI Kabupaten Pinrang Merayakan World Pharmacist Day 2024 dengan Penyuluhan Narkoba di 5 SMA/SMK

IMG 20240926 WA0058
Penyuluhan Narkoba dalam Rangka WPD 25 sept 2024 oleh IAI Cabang Pinrang
banner 120x600
banner 468x60

Pinrang, IAINews – Dalam rangka memperingati World Pharmacist Day (WPD) 2024 pada Rabu, 25 September, Pengurus Cabang (PC) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Pinrang menggelar penyuluhan narkoba di lima sekolah menengah di wilayah tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di pagi dan siang hari, dihadiri oleh ratusan pelajar dari lima SMA/SMK.

Iklan ×

Sekolah yang menjadi sasaran penyuluhan adalah SMA Negeri 1 Pinrang, SMA Negeri 4 Pinrang, SMA Negeri 7 Pinrang, SMA Negeri 2 Pekkabata, dan SMK Negeri 2 Pinrang.

Pemilihan sekolah menengah sebagai target penyuluhan didasarkan pada kerentanan remaja terhadap pergaulan yang bisa menjerumuskan ke dalam penyalahgunaan narkoba.

Screenshot 20240926 165312

Penyuluhan ini diadakan dengan inisiatif PC IAI Kabupaten Pinrang, mengingat wilayah ini termasuk dalam “golden triangle,” yaitu daerah yang rawan penyalahgunaan narkoba.

Tujuan dari penyuluhan ini adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang bahaya narkoba dan pentingnya pencegahan penyalahgunaan obat-obatan terlarang di kalangan pelajar.

Hadir dalam acara ini para kepala sekolah, guru, pengurus PC IAI Kabupaten Pinrang, serta para apoteker penyuluh narkoba.

Ketua PC IAI Kabupaten Pinrang, apt. Dra. Hj. Rahmawati, MARS, memberikan sambutan sekaligus membuka acara penyuluhan.

Baca Juga  Banyak Cara Edukasi Tentang Bahaya Resitensi Antibiotik, Salah Satunya dengan KARINA

Dalam sambutannya, ia menyatakan, “Penyuluhan ini merupakan bagian dari program edukasi bagi pelajar yang dilakukan oleh Ikatan Apoteker Indonesia.

Kami berharap semakin banyak informasi yang diberikan, pelajar dapat lebih waspada dan turut berperan dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba.”

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana, Apoteker Fitriani, menyampaikan, “Kami dari Ikatan Apoteker Indonesia merasa memiliki tanggung jawab besar untuk ikut berperan aktif dalam memerangi penyalahgunaan narkoba di tengah masyarakat.

Sebagai tenaga kesehatan yang memahami secara detail tentang obat-obatan, kami berharap penyuluhan ini dapat membuka mata masyarakat akan bahaya narkoba dan bagaimana cara menghindarinya.”

Dalam pemaparan materi, apoteker penyuluh narkoba dari PC IAI Kabupaten Pinrang menjelaskan secara detail jenis-jenis narkoba, cara penyebarannya, serta dampak jangka pendek dan jangka panjang bagi pengguna.

Mereka juga menyajikan data statistik terbaru terkait kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia yang semakin memprihatinkan, terutama di kalangan remaja.

Setelah sesi pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi interaktif antara penyuluh dan siswa-siswi SMA/SMK.

Screenshot 20240926 165342
Foto Bersama Pada Penyuluhan di SMA Negeri 1 Pinrang
banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *