Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Upaya Turunkan Angka Stunting, PC IAI Mamuju Lakukan Edukasi dan Pembagian Tablet Tambah Darah

baksos mamuju
Baksos PC IAI Mamuju
banner 120x600
banner 468x60

Mamuju, IAINews – Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Mamuju melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Ramadan pada Sabtu, 8 April 2023, dengan tema Apoteker Berbagi Bersama Melawan Stunting. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya IAI Cabang Mamuju dalam membantu pemerintah menekan angka prevalensi Stunting di Sulawesi Barat, khususnya di Mamuju.

Ketua IAI Cabang Mamuju, Hasmiaty, mengatakan bahwa dalam kegiatan ini para apoteker yang tergabung dalam IAI Cabang Mamuju memberikan edukasi atau pemahaman kepada keluarga sasaran di dua wilayah yaitu Lingkungan Sese Kelurahan Rangas dan Lingkungan Sampaga Kelurahan Mamunyu, terkait bagaimana pencegahan stunting.

Iklan ×

WhatsApp Image 2023 04 10 at 08.42.42 1

Para apoteker memberikan edukasi kepada ibu hamil dan remaja putri terkait bagaimana cara mencegah stunting. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memberikan tablet penambah darah, sebagai upaya mencegah anemia pada ibu hamil dan remaja putri. Selain itu, para apoteker juga memberikan susu berbagai jenis sesuai usia balita keluarga sasaran, dan memberikan vitamin penambah nafsu makan agar gizi anak bisa terpenuhi dengan baik.

Kepala Lingkungan Sampaga, Kelurahan Mamunyu, Hendrawan, merasa bersyukur atas kehadiran IAI Cabang Mamuju di wilayahnya. Ia berharap kegiatan ini akan membantu para keluarga sasaran dalam hal pertumbuhan balitanya. Hendrawan menyadari bahwa tak sedikit balita dan anak yang gizinya belum terpenuhi dengan baik di wilayahnya. Hal yang sama diungkapkan Kepala Lingkungan Sese, Kelurahan Rangas, Abdul Kadir. Ia sangat mengapresiasi kegiatan Bakti Sosial Ramadan yang dilaksanakan IAI Cabang Mamuju. Menurutnya, kegiatan ini semoga terus berkesinambungan sehingga angka stunting di daerah ini bisa berkurang.

Baca Juga  Bantuan Air Bersih Terus Dilakukan di Grobogan, Jawa Tengah Menghadapi Krisis Kekeringan

Sebagai informasi, kegiatan bakti sosial ramadan merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh IAI Cabang Mamuju setiap tahun sebagai bentuk kepedulian antar sesama. Melalui kegiatan ini, IAI Cabang Mamuju berupaya untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, khususnya untuk membantu pemerintah menurunkan angka prevalensi stunting di daerahnya.
Stunting merupakan masalah gizi kronis yang terjadi pada anak-anak di bawah usia 5 tahun. Stunting adalah kondisi ketika tinggi badan anak jauh di bawah standar normal, sehingga menyebabkan dampak buruk pada tumbuh kembang anak, termasuk masalah kesehatan di masa dewasa. Stunting dapat terjadi karena kurangnya asupan gizi, pola makan yang tidak sehat, dan faktor lingkungan yang tidak mendukung pertumbuhan anak.

Mengatasi stunting merupakan salah satu prioritas pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di masa depan. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menekan angka prevalensi stunting di Indonesia, termasuk di Sulawesi Barat. Namun, upaya tersebut belum sepenuhnya berhasil menurunkan angka stunting di Sulawesi Barat, terutama di Mamuju.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *