Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Apoteker Berbagi: Peduli di Bulan Ramadhan dan Penyuluhan Cara Minum Obat Pada Saat Berpuasa

Untitled design
IAI Cab. Batang Berbagi: Peduli di Bulan Ramadhan dan Penyuluhan Cara Minum Obat Pada Saat Berpuasa
banner 120x600
banner 468x60

Batang, IAINews – Kamis, 6 April 2023 menjadi hari yang berkesan bagi 51 anak yatim di Desa Bawang, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang. Mereka menerima santunan senilai Rp. 14.235.000 dari 114 apoteker Batang yang berpartisipasi dalam acara “Apoteker Berbagi“. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Bawang, apoteker Batang, anak yatim, dan pendampingnya.

Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Batang, apt. Nuruzzaman, memberikan sambutan di awal acara. Ia menjelaskan bahwa apoteker adalah tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan tentang obat-obatan dengan menjamin ketersediaan obat yang bermutu dan penggunaan obat yang rasional di masyarakat. Apoteker berpraktik di berbagai tempat, seperti rumah sakit, klinik, puskesmas, BPOM, universitas, sekolah farmasi, dan industry obat.

Iklan ×

apt. Nuruzzaman juga mengajak masyarakat untuk datang ke apotek di sekitar tempat tinggalnya dan menanyakan informasi obat kepada apoteker mengenai obat yang tepat, kandungan, cara penggunaan, dosis, tanggal kadaluarsa, dan cara penyimpanan. Hal ini penting agar masyarakat dapat menggunakan obat dengan benar dan aman.

WhatsApp Image 2023 04 12 at 12.47.34

Setelah sambutan dari Ketua IAI Batang, acara dilanjutkan dengan penyuluhan tentang cara penggunaan obat saat berpuasa yang di paparkan oleh apt. Agus Wahyudi. Pada saat sakit, masyarakat masih bisa berpuasa sambil minum obat. Namun, untuk obat dengan aturan pakai 4×1 dan 3×1, sebaiknya mintalah dokter untuk memilihkan obat dengan indikasi yang sama dengan aturan minum 2×1 atau 1×1. Untuk obat dengan aturan 3×1 diminum saat berbuka (18.00), menjelang tidur (23.00), dan saat sahur (04.00). Aturan 2×1 diminum saat berbuka dan sahur, sedangkan 1×1 diminum saat sahur atau saat berbuka. Obat yang tidak melalui saluran cerna, seperti tetes mata, tetes hidung, obat sublingual, salep kulit, dan salep mata, tidak membatalkan puasa.

Baca Juga  Konfercab PC IAI Pasangkayu, Apt I Made Artawan, S.Farm Terpilih Sebagai Ketua

Selain penyuluhan secara lisan, Ketua Panitia Pelaksana, apt. Rachmad Winarno menyampaikan bahwa apoteker juga membagikan leaflet tentang cara penggunaan obat saat berpuasa. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat memiliki referensi yang dapat diakses kapan saja.

Kepala Desa Bawang, Nur Chafidin, menyambut baik acara IAI Batang yang memberikan santunan kepada anak yatim. Menurutnya, memelihara anak yatim sangatlah mulia bahkan nabi Muhammad mengatakan orang yang memelihara anak yatim, di akhirat nanti akan masuk surga dan posisinya sangat dekat dengan Nabi seperti jarak Jari tengah dan jari telunjuk yang ditempelkan dan direnggangkan sedikit. Ia berharap agar acara Apoteker Berbagi ini dapat menjadi agenda rutin dan diikuti oleh lebih banyak apoteker dan masyarakat Batang yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang positif.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *