Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Reakreditasi dan Pemanfaatan Dana BOK Untuk Mendukung Pelayanan Kefarmasian Puskesmas Sesuai Standar

hisfarkesmas1
Simposium 5 PIT IAI 2023 di Grand Mercure Solo Baru
banner 120x600
banner 468x60
hisfarkesmas1
Simposium 5 PIT IAI 2023 di Grand Mercure Solo Baru

SOLO, IAINews – Apoteker di Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) mampu berpartisipasi dalam penggunaan dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK), sesuai dengan tupoksi yang dimiliki.

Sebelum turut berpartisipasi apoteker Puskesmas harus terlebih dulu memahami penggunaan dana BOK untuk program pelayanan kefarmasian di Puskesmas.

Iklan ×

‘’Teman-teman harus menguasai dulu, apa itu dana BOK mulai dari perencanaan, dari sana kemudian kita analisa, apoteker bisa berpartisipasi dimana,’’ tutur apt Maria Ulfah, S,Si, MM, Ketua PP Hisfarkesmas pada simposium 5 Pekan Ilmiah Tahunan (PIT) 2023, Pemenuhan Standar Pelayanan Program Kefarmasian Puskesmas, di hotel Grand Mercure Solo Baru, Kamis, 24 Agustus 2023.

Dalam simposium 5 tersebut, Maria Ulfah bersama apt Medindia Ferolita S, Farm, MBA dan apt Dra Raiyan, MKM didampingi moderator apt. Meliasi Mora Pratamarta.

Menurut Maria Ulfah, dana BOK diperuntukkan program prioritas dalam upaya mendorong pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang merupakan tolak ukur  kinerja puskesmas baik di tingkat Kabupaten maupunPropinsi.

hisfarkesmas2
apt Maria Ulfah, S.Farm, MM

Meskipun fokus pendanaannya pada program prioritas, namun apoteker dapat turut ambil bagian dalam pelaksanaannya.

Baca Juga  Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia Ubah Waktu Penutupan Pengajuan STR

Keikutsertaan apoteker antara lain sebagai moderator pada pelaksanaan kelas ibu hamil, kelas balita, serta ikut serta dalam kegiatan pemberian obat cacing.

Apoteker juga dapat berperan pada edukasi mengenai penggunaan tablet tambah darah pada remaja putri, juga berperan aktif dalam pengawasan minum obat pada penderita Tuberkulosis (TB) dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Diakhir pemaparannya, Maria Ulfah kembali menyampaikan pentingnya peran apoteker di garda terdepan dalam pelayanan kefarmasian di Puskesmas.

Peran Apoteker Dalam Akreditasi Puskesmas

Dalam kesempatan yang sama Medindia Ferolita yang akrab disapa Rori menyampaikan materi ‘Pemenuhan Standar Pelayanan Kefarmasian dalam Akreditasi Puskesmas Terbaru’.

Menurut Medindia Ferolita, akreditasi adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan fasilitas kesehatan yang telah memenuhi standar akreditasi.

‘’Standar akreditasi ini merupakan pedoman yang berisi tingkat pencapaian yang harus dipenuhi oleh fasilitas kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien,’’ tutur Medindia Ferolita.

hisfrkesmas3
apt Medindia Ferolita
banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *