Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Pengambilan Sumpah Apoteker ke-7 STIFAR Riau: Top 10 PSPA di Indonesia, Alumni Beruntung Kuliah di Institusi Berkualitas

sumpahan STIFAR Riau
Sumpahan STIFAR Riau (Foto: dok.IAI)
banner 120x600
banner 468x60

Riau, IAINews – Sabtu, 25 Maret 2023, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Riau (STIFAR) Riau sukses melaksanakan proses Pengambilan Sumpah Apoteker ke 7. Acara ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting dalam bidang kefarmasian di Indonesia seperti apt. Hilwan Yuda Teruna, Ph.D Wakil Ketua Umum Bidang TIK, Riset dan Publikasi Ilmiah yang mewakili Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI), apt. Maryani, S.Farm, M.Kes sebagai perwakilan Konsil Kefarmasian Indonesia, KTKI.

Ketua Program Studi Profesi Apoteker (PSPA), Dr. Adriani Susanty, M,Farm melaporkan bahwa sebanyak 61 orang yang disumpah pada periode ke 7 ini. Hal ini menunjukkan bahwa STIFAR Riau telah melahirkan banyak apoteker yang berkualitas. Hal ini juga dibenarkan oleh apt. Endamora, M.Farm selaku Ketua STIFAR Riau yang menyatakan bahwa lulusan PSPA STIFAR Riau termasuk dalam top 10 se Indonesia dari 60 PSPA se Indonesia.

Iklan ×

apt. Hilwan Yuda Teruna, Ph.D menyampaikan bahwa para alumni STIFAR Riau sangat beruntung karena institusi ini merupakan salah satu institusi yang berkualitas di Indonesia. Institusi ini juga memiliki tempat praktek kerja yang bermutu. Selain itu, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) juga dikenal di lingkungan kesehatan karena telah dikelola secara profesional dan telah melakukan transformasi digital. Oleh karena itu, para alumni diharapkan dapat meneruskan keberlanjutan organisasi ini dan memulai organisasi dengan Indonesian Young Pharmacist Group (IYPG), yang menghimpun apoteker muda.

Baca Juga  PD IAI Riau Gelar Silaturahim dan Audiensi dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau

apt. Maryani berharap bahwa para apoteker baru ini dapat bekerja professional dan sungguh-sungguh agar dapat memperbaiki kualitas hidup masyarakat. Selain itu, pada periode ini tingkat kelulusan Objective Structured Clinical Examination (OSCE) STIFAR Riau mencapai 96,6% dan Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) mencapai 89,8%. Ini menunjukkan bahwa para alumni STIFAR Riau telah memiliki kemampuan dan keterampilan yang mumpuni dalam melakukan praktik kefarmasian.

Satu lagi pencapaian yang patut disebutkan adalah apt. Rizka Ramadhani, S.Farm yang meraih nilai tertinggi dalam OSCE sebesar 83,0 dan apt. Rista Eneimi, S.Farm yang meraih nilai tertinggi dalam UKAI sebesar 83,5. Kedua apoteker ini tentunya menjadi inspirasi bagi para alumni STIFAR Riau untuk terus mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan serta keterampilannya.

Pengambilan Sumpah Apoteker ke 7 ini menunjukkan bahwa STIFAR Riau telah berhasil melahirkan apoteker-apoteker yang siap berkontribusi dalam dunia kerja. Semoga para alumni STIFAR Riau ini dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat serta dunia farmasi.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *