Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

World Pharmacist Day 2023 Peran Apoteker Bali Dirasakan Hingga Akar Rumput

WhatsApp Image 2023 09 10 at 21.15.57
Kick off World Pharmacist Day di Bali dilakukan dengan inisiasi Kampung ASK ME Dagusibu di warga Banjar Buduk Desa Bengkel
banner 120x600
banner 468x60
WhatsApp Image 2023 09 10 at 21.15.57
Kick off World Pharmacist Day di Bali dilakukan dengan inisiasi Kampung ASK ME Dagusibu di warga Banjar Buduk Desa Bengkel

BALI, IAINews – Kick Off Rangkaian World Pharmacist Day (WPD) IAI Pengurus Daerah Bali dimulai pada Minggu, 10 September 2023.

Dimulai dengan inisiasi Kampung ASK ME (Apoteker Sahabat Keluarga Melayani Edukasi)  Dagusibu di wilayah Desa Bengkel Banjar Buduk Kabupaten Tabanan.

Iklan ×

Inisiasi Kampung ASK ME Dagusibu dilakukan PD IAI Bali bekerjasama dengan beberapa instansi pendidikan tinggi, seperti Universitas Bali International, Universitas Dhyana Pura dan Universitas Udayana.

Kolaborasi tidak hanya dengan instansi pendidikan tinggi tapi juga organisasi profesi lain diantarannya IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia), PDHI (Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia) dan PAMKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik Indonesia).

Ditemui pada saat kegiatan, Ketua Divisi Hubungan Masyarakat apt. Made Andy Aditya Suardi, S.Farm menyampaikan, kegiatan dilakukan dengan memberikan edukasi mengenai penggunaan antibiotika secara bijak.

“Bersama dengan stake  holder pendidikan tinggi kami memberi pemaparan kepada warga Banjar Buduk Desa Bengkel terkait dengan bijak penggunaan antibiotika, sejak dari hulu yaitu bagaimana mendapatkannya di tempat pelayanan kesehatan yang tepat hingga bagaimana menyimpan obat antibiotika,” kata apoteker yang berpraktek di RS Siloam Badung.

Baca Juga  Pelantikan Pengurus Hisfarsi dan Hisfardis PD IAI Bali: Reposisi dan Refocusing Organisasi Profesi

“Ini hanyalah permulaan dari upaya mensosialisasikan penggunaan obat yang baik dan benar di kalangan masyarakat. Melalui kegiatan WPD ini Apoteker bisa hadir di tengah masyarakat dan mensosialisasikan lebih gencar lagi. Sosialisasi dagusibu ini merupakan salah satu peran Apoteker dalam Sistem Kesehatan Nasional,” tambah Apoteker Andy.

Ditemui terpisah perwakilan Universitas Bali International  Dr. apt. I Gusti Ayu Rai Widowati, S.Si., M.Kes., M.H.Kes menyampaikan agar kegiatan yang telah berjalan dengan lancar, dapat terus berjalan hingga tahun 2024.

“Bahkan secara berkesinambungan terus jalan sekaligus memperkenalkan kehadiran Apoteker sebagai salah satu tenaga kesehatan kepada masyarkat,” tambah apt Rai yang juga salah satu Pengurus Pusat IAI ini.

Rangkaian World Pharmacists Day di Provinisi Bali akan berlangsung sejak 10 September sampai dengan puncak pelaksanaan pada tanggal 24 September 2023 di Kabupaten Jembrana.

Sebagai langkah awal, sosialisasi dagusibu dengan titik utama bijak penggunaan antibiotika ini akan dilakukan selama 3 hari hingga Selasa, 12 September 2023 ***

banner 325x300

Response (1)

  1. Sangat baik peran apoteker langsung terjun ke nadi masyarakat, jaya terus apoteker indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *